5 Tips Sederhana Perawatan Kulit untuk Menghindari Penuaan Dini

Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan kulit secara intensif? Jangan khawatir. Lakukan hal-hal dasar ini dan Anda akan mendapatkan kulit sehat dan mengurangi resiko penuaan dini. Karena dengan perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup yang sehat dapat membantu proses penuaan dini secara alami dan mencegah berbagai masalah kulit lainnya. 

1. Lindungi kulit Anda dari sinar matahari

Salah satu cara paling penting untuk merawat kulit Anda adalah dengan melindunginya dari sinar matahari langsung. Terkena paparan sinar matahari langsung secara terus menerus dapat menyebabkan kulit keriput, titik-titik penuaan, dan masalah-masalah kulit lainnya, juga meningkatkan resiko kanker kulit. .

Untuk perlindungan terhadap paparan sinar matahari langsung, lakukan berikut ini.
  • Gunakan sunscreen. Gunakan suncreen spektrum luas dengan kandungan minimal SPF 15. Ketika Anda di luar ruangan gunakan sunscreen tadi setiap dua jam, atau lebih sering jika Anda sedang renang atau berkeringat. 
  • Cari tempat teduh. Hindari sinar matahari langsung antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore, ketika sinar matahari sedang kuat-kuatnya.
  • Gunakan pakaian pelindung. Lindungi kulit Anda dengan menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang atau topi dengan tepian yang lebar. Juga pertimbangkan tambahkan zat additive ketika mencuci, yang memberikan perlindungan sinar ultraviolet tambahan untuk sejumlah pencucian tertentu, atau gunakan pakaian pelindung sinar matahari khusus, yang secara khusus dirancang untuk menghalangi sinar matahari langsung. 
2. Jangan merokok 

Merokok membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan berkontribusi terhadap kulit keriput. Merokok menyempitkan pembuluh darah dan lapisan kulit paling luar, yang menurunkan aliran darah. Hal ini menghambat kulit mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit. Merokok juga merusak kolagen dan elastin, yakni serat yang membuat kulit Anda kuat dan elastis. Selain itu, ekspresi wajah yang berulang-ulang ketika Anda merokok juga memberikan kontribusi terhadap berkerutnya kulit. 

Jika Anda merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah berhenti merokok. Tanyakan sama dokter Anda untuk mendapatkan tips cara berhenti merokok. 

3. Perlakukan kulit Anda dengan benar 

Pembersihan dan mencukur rambut bisa menjadi jalan tol bagi kulit Anda. Agar kulit tetap lembut:
  • Batasi waktu mandi. Mandi air panas dan terlalu lama mandi akan menghilangkan minyak dari kulit Anda. Batasi waktu mandi Anda, dan gunakan air hangat, bukan air panas. 
  • Hindari sabun yang keras. Sabun yang keras dan deterjen dapat menghilangkan lapisan minyak dari kulit Anda. Pilihlah pembersih kulit yang lembut. 
  • Bercukur dengan hati-hati. Untuk melindungi kulit Anda, gunakan krim untuk bercukur, lotion atau jel sebelum Anda bercukur. Gunakan silet cukur yang tajam dan bersih. Cukur searah dengan arah tumbuhnya rambut, jangan berlawanan. 
  • Tepuk-tepuk kulit agar kering. Setelah Anda mandi atau membersihkan muka, dengan lembut tepuk-tepuk dengan handuk sehingga pelembab kulit alaminya tetap ada pada kulit Anda. 
  • Beri pelembab pada kulit kering. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang cocok dengan tipe kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan untuk menggunakan pelembab yang mengadung SPF. 
4. Makan makanan sehat 

Makanan yang sehat bisa membantu Anda terlihat dan merasa jauh lebih segar. Makan banyak buah, sayuran, biji-bijian dan protein. Hubungan antara makanan dan jerawat memang tidak jelas, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan vitamin C dan rendah lemak tak sehat dan karbohidrat yang diproses bisa membuat kulit Anda terlihat lebih muda. 

5. Kelola setres 

Stress yang tak terkendali bisa membuat kulit Anda lebih sensitif dan memicu timbulnya jerawat dan masalah-masalah kulit lain. Untuk mendukung kesehatan kulit, dan kondisi pikiran yang sehat, lakukan langkah-langka untuk mengelola stress Anda. Tentukan batas-batasan kewajaran, lihat kembali daftar to-do list Anda dan luangkan waktu melakukan hal-hal yang Anda sukai. Hasilnya bisa jauh lebih dari yang Anda harapkan. 

Silahkan lakukan lima tips sederhana di atas, dan buktikan hasilnya: kulit Anda akan kencang, kenyal, dan bebas keriput, serta awet muda.

0 Response to "5 Tips Sederhana Perawatan Kulit untuk Menghindari Penuaan Dini "